Sabtu, 05 Februari 2011

Fair Game

Salah satu faktor yang menentukan keselamatan agen CIA dan keluarganya adalah kerahasiaan identitas mereka. Pada saat identitas seorang anggota CIA terungkap maka bisa dipastikan sudah tidak ada masa depan lagi buat agen CIA ini. Dan demi menutup aib negara, identitas Valerie Plame (Naomi Watts) harus terungkap.

Valerie adalah seorang agen CIA yang ditugaskan di Timur Tengah ini. Selama bertugas, tak ada yang tahu identitas asli dari agen CIA yang punya suami diplomat ini. Namun saat sang suami melakukan kesalahan, Gedung Putih dengan sengaja membocorkan identitas Valerie. Valerie hanyalah pion dan terpaksa harus dikorbankan demi keutuhan negara, atau setidaknya keselamatan sebagian orang penting dalam pemerintahan.

Joe Wilson (Sean Penn) adalah seorang diplomat yang ditugaskan untuk menyelidiki penjualan uranium dari Nigeria ke Irak yang bakal dijadikan alasan invasi ke negeri itu. Hasilnya, Joe tak menemukan adanya penjualan uranium namun sepertinya Gedung Putih sepertinya tak peduli dan tetap melaksanakan niat semula mereka. Joe lantas membawa informasi ini ke New York Times dan dalam waktu singkat kontroversi pun tercipta. Untuk menjatuhkan kredibilitas Joe, Gedung Putih dengan sengaja membocorkan identitas Valerie, istri Joe, dan menyebabkan pernikahan dan karier Valerie hancur berantakan.

Entah sudah berapa banyak film yang mengambil latar belakang perang Irak sampai saat ini. Sebelumnya ada GREEN ZONE yang juga mencoba mengungkap misteri di balik perang Irak. Atau NOTHING BUT THE TRUTH yang malah lebih mendekati tema yang diangkat film berjudul FAIR GAME ini. Bedanya, FAIR GAME ini lebih berani dan jujur ketimbang NOTHING BUT THE TRUTH.

Tak seperti NOTHING BUT THE TRUTH yang mengubah nama pelakunya, FAIR GAME ini malah terang-terangan menggunakan nama-nama asli. Film ini memang dibuat berdasarkan buku berjudul FAIR GAME: MY LIFE AS A SPY, MY BETRAYAL BY THE WHITE HOUSE yang ditulis oleh Valerie Plame, pelaku peristiwa ini. Terlepas dari jujur atau tidak, FAIR GAME memang efektif menyampaikan pesan itu. Bukan cuma itu, pesan itu juga disampaikan dengan cara yang sangat meyakinkan.

Dilihat dari hasilnya, sepertinya naskah film yang dikerjakan oleh Jez Butterworth dan John Butterworth sepertinya memang sudah solid. Dari sana, jelas Doug Liman jadi lebih mudah membuat visualisasi dari novel yang diubah menjadi naskah film tadi. Meski tak memaksakan diri untuk terlihat seperti film dokumenter namun di beberapa titik, Doug sepertinya memang bermaksud begitu.

Naomi Watts dan Sean Penn pun tak mengalami kesulitan menjalin chemistry di antara mereka sebagai sepasang suami istri. Kalau tak salah ini adalah film ketiga Naomi dan Sean setelah 21 GRAMS dan THE ASSASSINATION OF RICHARD NIXON. Akhirnya, tak percuma dua orang ini mengumbar kemampuan akting mereka karena sektor lain pun sangat mendukung.

Link Download : DVDRip
Part 1  Part 2
Pass : thehack3r.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...